RUANG LINGKUP MANAJEMENT SARANA & PRASARANA
Ruang
lingkup manajemen sarana dan prasarana, meliputi :
1. Perencanaan,
2. Pengadaan,
3. Pengaturan
4. Penggunaan sarana dan prasarana
1. Perencanaan
Tahap
pertama dari manajemen sarana dan prasarana adalah perencanaan yang sekaligus
merupakan dari langkah pengadaan. Pengadaan sarana dan prasarana tidaklah
semudah pengadaan meja dan kursi yang hanya mempertimbangkan selera dan dana
yang tersedia. Proses pengadaan sarana dan prasarana diperlukan pengadaan
pertimbangan yang lebih banyak dan semuanya harus bersifat edukatif (Arikunto
dan Yuliana, 2008 : 275).
2. Pengadaan
Berkenaan
dengan pengadaan sarana dan prasarana, ada tiga hal yang perlu dipahami.
Pertama,
bahwa pengadaan sarana dan prasarana harus melalui perencanaan yanghati-hati.
Kedua, bahwa banyak cara dalam pengadaan sarana dan prasarana.
Ketiga, bahwa pengadaan sarana dan prasarana harus diadministrasikan dengan
tertib, sehingga semua pegeluaran uang yang berkenaan dengan pengadaan sarana
dan prasarana itu dapat dipertanggungjawabkan
3. Pengaturan
Sehubungan
dengan pengaturan dan pengadaan sarana dan prasarana, maka sarana dan prasarana
dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu:
1) Alat yang
langsung digunakan dalam kegiatan.
2) Alat-alat yang
tidak langsung terlibat dalam kegiatan.
Langkah
awal pengaturan yang dilakukan sebelum sarana dan prasarana digunakan meliputi:
1) Memberikan
identitas pada sarana dan prasarana dengan nomor dan kode tertentu untuk jenis
tertentu
2) Pencatatan alat
ke dalam buku inventaris.
3) Penempatan
sarana dan prasarana pembelajaran secara tepat.
4. Penggunaan sarana dan prasarana
Sarana dan
prasarana digunakan sebagai media untuk membantu mencapai tujuan yang telah
ditetapkan oleh suatu perusahaan.
MACAM-MACAM SARANA DAN PRASARANA YANG
ADA DIKANTOR
A. Macam-macam
sarana dan prasarana menurut jenisnya
1. Peralatan/perlengkapan kantor (office supplies)
Peralatan/perlengkapan adalah alat atau bahan yang digunakan untuk
membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga menghasilkan suatu pekerjaan
yang diharapkan selesei lebih cepat, lebih tepat dan lebih baik.
Peralatan/perlengkapan kantor dibedakan menjadi dua yaitu
1) Peralatan,perlengkapan
kantor dilihat dari bentuknya :
Ø Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk lembaran
Perlatan/perlengkapan
kantor yang berbentuk lembaran/helaian,
Contoh : kertas HVS,
kertas folio bergaris, kertas karbon, kertas stensil, formulir, kertas berkop,
plastik transparan, kertas karton, kertas buffalo, amplop dan map.
Ø Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk
nonlembaran
Peralatan/perlengkapan kantor yang berbentuk nonlembaran (bukan berupa kertas lembaran),
Contoh :
pulpen, pensil, spidol, penghapus, penggaris, rautan, gunting, pemotong kertas (cutter), pembuka surat (letter
opener), pelubang kertas dll.
Ø Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk buku
Peralatan/perlengkapan kantor
yang berbentuk buku,
Contoh : Buku catatan
(block note), yaitu buku untuk menulis catatan harian sekretaris, Buku pedoman organisasi, Buku tamu, Buku
agenda surat,.
2) Peralatan,perlengkapan
kantor dilihat dari penggunaanya
Ø Barang habis pakai
Barang habis pakai adalah
barang/benda kantor yang pengguanaannya hanya satu/beberapa kali pakai atau
tidak tahan lama.
Contoh : kertas, tinta, karbon, klip, pensil
dan pulpen
Ø Barang tidak habis pakai
Barang yang tidak habis pakai
adalah barang/benda kantor yang penggunaannya tahan lama.
Contoh
: stapler, perforator, cutter, dan gunting.
B. Macam –Macam Sarana Dan Prasarana Menurut Penggunaanya
a. Barang habis pakai
Barang habis pakai adalah
barang/benda kantor yang pengguanaannya hanya satu/beberapa kali pakai atau
tidak tahan lama.
Contoh : kertas, tinta, karbon, klip, pensil
dan pulpen
b.
Barang
tidak habis pakai
Barang yang tidak habis pakai
adalah barang/benda kantor yang penggunaannya tahan lama.
Contoh
: stapler, perforator, cutter, dan gunting.
c. Mesin-mesin kantor (office machine)
Mesin-mesin
kantor (office machine) adalah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat,
mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor yang bekerja secara mekanik,
elektrik, dan magnetik.
Contoh : komputer,
laptop, LCD, mesin tik manual dan elektrik, mesin fotocopy, dll.
d.
Mesin
komunikasi kantor
Mesin-mesin kantor (office machine) adalah alat yang digunakan untuk
menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor
yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Contoh : komputer, laptop,
LCD, mesin tik manual dan elektrik, mesin fotocopy, dll.
e.
Perabot
kantor (office furniture)
Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang terbuat dari
kayu atau besi untuk membantu pelaksanaan tugas pekerjaan kantor.
Contoh : meja, kursi, sofa (meja dan kursi
untuk tamu), rak buku, lemari, papan tulis dlL.
f.
Interior
kantor (office arrangement)
Interior kantor adalah benda-benda
kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi menyenangkan sehingga memberi
semangat dan kenyamanan dalam menyeleseikan pekerjaan.
Contoh : gambar presiden dan
wakil presiden, gambar lambang negara, bendera, struktur organisasi, lukisan, patung,
vas bunga, tanaman hidup maupun buatan, jam dinding dll.
g.
Tata
ruang kantor (office lay out)
Tata ruang
kantor adalah pengaturan ruangan kantor serta penyusunan alat-alat dan
perabotan kantor sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia
sehingga memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada karyawan dan pekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar